Langkah-langkah perawatan kulit wajah harian yang benar

0
78
Langkah-langkah perawatan kulit wajah harian yang benar
Langkah-langkah perawatan kulit wajah harian yang benar

Banyak orang berpikir proses perawatan kulit wajah sangat sederhana, semua orang bisa melakukannya. Tetapi apakah prosedur yang Anda lakukan sudah benar, terstandarisasi dan efektif untuk kulit? Silakan simak prosedur perawatan kulit harian yang direkomendasikan dokter kulit di bawah ini untuk menambah pengetahuan yang lebih bermanfaat terntang perawatan kulit wajah harian Anda!

Perawatan kulit dan diet yang tepat akan membantu Anda memiliki kulit yang cantik, sehat dan halus. Secara khusus, rutinitas perawatan kulit dasar sangat penting, baik memelihara dan melindungi kulit dari efek eksternal dan meminimalkan proses penuaan.

Langkah-langkah perawatan kulit wajah harian yang benar

Menurut dermatologists, penting bahwa Anda pertama-tama dan terutama merawat rutinitas perawatan kulit Anda setiap hari. Langkah selanjutnya adalah memilih langkah-langkah dan menggunakan produk yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Ikuti langkah-langkah untuk merawat kulit harian yang benar berikut ini!

 1. Bersihkan kulit

Pembersihan kulit adalah langkah pertama dalam perawatan kulit wajah sehari-hari. Untuk pembersihan kulit maksimal, Anda harus mengikuti dua langkah:

Menghilangkan riasan wajah. Para ahli menganjurkan agar Anda menggunakan makeup remover untuk mengurangi kekeringan, saat membersihkan makeup dan tabir surya pada permukaan kulit.

Gunakan pembersih muka: untuk membuang residu, kotoran dan sebum. Pilih produk yang tepat untuk jenis kulit yang Anda miliki. Jika kulit memiliki kulit normal, maka tidak harus memilih terlalu banyak susu dan busa. Jika kulit Anda sensitive dan kulit berjerawat, Anda tidak boleh memilih produk dengan bahan pembersih yang kuat. Anda harus memilih membersihkan produk yang tidak menyebabkan kulit kering dan Anda harus memilih pembersih yang dapat menjaga kulit tetap halus dan lembab.

BACA JUGA:  Cara mengobati jerawat menggunakan lemon

Selain itu, Anda juga harus melakukan pengelupasan kulit, 1-2 kali/minggu untuk menjalankan pembersihan mendalam, regenerasi kulit yang lebih baik, membersihkan pori-pori kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

 2. Seimbangkan kulit dengan air mawar (toner)

Air mawar adalah kosmetik wajib dalam rutinitas perawatan kulit. Ini bukan hanya langkah pembersihan yang mendalam, dengan air mawar, Anda dapat menghilangkan kotoran dan metode ini juga memainkan peran yang sangat penting, seperti menyeimbangan PH kulit. Mengaplikasikan toner setelah pembersihan membantu menyeimbangkan pH alami, mencegah jerawat, kekeringan, dan membantu penyerapan produk perawatan kulit dengan mudah. Jika kulit Anda sensitif, berjerawat, pilihlah toner non-alkohol, untuk perlindungan kulit yang optimal.

 3. Perawatan khusus untuk kerusakan kulit

Ini adalah langkah yang diperlukan jika Anda memiliki masalah kulit seperti jerawat, pigmentasi, penuaan. Dalam perawatan kulit sehari-hari, Anda dapat menggunakan perawatan khusus setelah  penggunaan toner. Produk-produk ini membantu memulihkan kulit, mengobati noda hitam dan memberikan perawatan kulit yang sehat.

Jika Anda menggunakan serum khusus, gunakan produk cair untuk masuk ke kulit lebih mudah.  Selain itu, untuk BHA, AHA atau Retinol, Anda harus tetap pada kulit selama sekitar 20 menit dan terus melakukan langkah selanjutnya.

4. Melembabkan kulit

Krim pelembab membantu menyeimbangkan kulit, menghindari kondisi kulit menjadi kering atau mudah menua. Kelembaban adalah cara terbaik untuk memberikan air, retensi air pada kulit untuk menjaga kulit tetap halus dan elastis.

Untuk setiap jenis kulit akan memiliki pelembab sendiri. Jika Anda memiliki kulit kering, gunakan krim padat berbasis minyak yang mengandung bahan seperti Hyaluronic Acid, gliserin, ceramide, ekstrak teh hijau, anggur, Shea butter, vitamin E dan C.

BACA JUGA:  4 “RAHASIA” Merawat Wajah Setelah Beraktivitas..!!

Kulit berminyak harus memilih bentuk gel, air dengan dasar air dan tekstur krim, mudah diserap dengan cepat ke dalam kulit. Selain itu, kulit jerawat selalu membutuhkan produk yang tidak berminyak, tipis, gel ringan untuk menjaga airiness dan terhindar dari pori-pori tersumbat. Selain itu, untuk jenis kulit ini, Anda juga harus memperhatikan pilihan produk bebas minyak.

Ini akan menjadi langkah selanjutnya setelah pembersihan untuk menembus dan membersihkan lebih dalam. Pengelupasan kulit membantu membersihkan lapisan-lapisan sel-sel tanduk dan sel mati yang menempel pada kulit, membantu membersihkan pori-pori, dan meratakan kulit. Oleskan masker untuk membantu menghilangkan kotoran dan mencerahkan kulit.

 5. Lindungi kulit Anda dari sinar matahari menggunakan tabir surya

Ini adalah langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit dasar. Sinar matahari mengandung sinar UV yang bisa membuat kulit menjadi hitam, coklat, gelap dan menua. Karena itu, penggunaan tabir surya untuk melindungi kulit sangat diperlukan.

Anda seharusnya tidak hanya mengaplikasikan tabir surya saat pergi keluar di bawah sinar matahari. Bahkan jika Anda duduk di dalam ruangan atau di tempat teduh, Anda harus melindungi kulit Anda. Sinar UVA dan UVB masih memancarkan radiasi melalui dinding, kaca atau setelah hujan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here