Cara Mengatasi Alergi Akibat Penggunaan Kosmetik

0
30
Cara Mengatasi Alergi Akibat Penggunaan Kosmetik

Suatu pagi Anda bangun dan melihat seluruh wajah adalah terdapat benjolan seperti jerawat, gatal, rasa tidak nyaman, Anda mungkin mengalami alergi kosmetik. Lalu bagaimana cara mengatasi alergi akibat penggunaan kosmetik? Untuk menjawabnya silahkan simak  artikel di bawah ini!

Apa itu alergi kosmetik dan apa penyebabnya?

Alergi kulit kosmetik adalah suatu kondisi di mana kulit terganggu oleh bahan, pengawet dan kotoran yang terkandung dalam produk yang tidak cocok untuk kulit. Ketika kulit Anda terpengaruh, sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan reaksi terhadap komponen-komponen yang dimanifestasikan oleh gejala-gejala umum seperti: ruam di seluruh wajah dan lepuh menyebabkan gatal-gatal sulit. Selain itu, beberapa kasus yang parah dapat menyebabkan demam dan kesulitan bernapas.

Tanda-tanda bahwa Anda menderita alergi kosmetik dapat diklasifikasikan berdasarkan tingkat dari ringan hingga berat, sebagai berikut:

  • Iritasi kulit dan kemerahan.

Jika Anda menggunakan kosmetik yang tidak cocok atau terdapat bahan-bahan berbahaya yang sedikit memengaruhi kulit, manifestasinya adalah kulit menjadi gatal, iritasi dan tampak kemerahan.

  • Ruam kulit, gatal, pembengkakan wajah.

Ruam kulit di seluruh wajah, disertai dengan iritasi gatal dengan pembengkakan ringan adalah tanda bahwa Anda memiliki kondisi alergi kulit yang parah. Segera hentikan penggunaan kosmetik alergenik, aplikasikan pembersih kulit  dan rawat kulit dengan benar untuk menghindari kerusakan parah pada kulit.

  • Pembengkakan parah, kesulitan membuka mata dan menguningnya lepuhan.

Jika Anda tidak memperhatikan gejala-gejala sebelumnya dan terus menggunakan kosmetik, Anda akan mengarah ke level 3, yang merupakan tingkat alergi terberat. Pada saat ini, tingkat pembengkakan pada kulit menjadi parah, Anda mengalami kesulitan membuka mata. Benjolan pecah dan keluar cairan kuning, dan terus berkembang.

BACA JUGA:  5 Teh yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut

Dalam hal ini, segera pergi ke rumah sakit atau dokter kulit untuk mendapatkan penanganan tepat waktu. Tingkat alergi ini dapat menyebabkan kulit menjadi sangat rusak dan waktu pemulihannya cukup lama.

2. Apa yang harus dilakukan segera ketika kulit alergi terhadap kosmetik di seluruh wajah

Segera setelah Anda melihat tanda-tanda alergi, segera terapkan catatan berikut untuk meminimalkan efek yang berbahaya.

  • Hentikan penggunaan semua produk kosmetik.

Ketika kulit alergi, tidak hanya kosmetik yang berbahaya tetapi semua produk lain sebaiknya tidak digunakan. Pada saat ini, kulit sangat sensitif, tipis dan lemah. Komponen kimia dari efek kosmetik akan menyebabkan iritasi yang lebih parah.

  • Sama sekali tidak menyentuh benjolan atau lepuhan alergi

Menyentuh benjolan atau lepuhan alergi akan membuat lepuhan mudah pecah, keluar cairan kuning dan menyebar. Karena itu, Anda benar-benar tidak boleh menyentuh wajah Anda dengan tangan saat hal ini terjadi.

  • Gunakan pembersih ringan dan menggunakan garam encer.

Menjaga kulit sehat akan menjauhkan diri dari bakteri penyebab jerawat. Karena itu, membersihkan permukaan kulit dengan garam fisiologis juga membantu mencegah jerawat, mengeringkan dan menyembuhkan jerawat lebih cepat.

  • Minum banyak air

Minum banyak air dapat meningkatkan resistensi, detoksifikasi dan melancarkan metabolism sehingga dapat mempercepat perawatan alergi. Selain itu, Anda juga tidak dapat melakukan eksfoliasi selama periode ini karena dapat menyebabkan kulit menjadi tipis dan melemah.

  • Meningkatkan suplemen vitamin dan mineral

Vitamin dan nutrisi seharusnya tidak hanya digunakan ketika terjadi alergi kulit, tetapi Anda harus selalu menambahkan setiap saat, seperti vitamin A, C, E. Selain itu kebiasaan, tidur sebelum pukul 11 malam, tidur 8 jam dalam, tidak menggunakan stimulan, juga merupakan cara yang tepat untuk mengembalikan kondisi kulit yang terkena alergi.

BACA JUGA:  Hal yang harus dilakukan setelah melakukan pengelupasan kulit

3. Perawatan wajah menggunakan bahan alami untuk mengatasi alergi kosmetik

Jika Anda memiliki kulit sensitif karena alergi kosmetik, Anda dapat menggunakan bahan-bahan di dapur Anda untuk memulihkan kulit dengan cepat. Silakan lihat beberapa cara perawatannya di bawah ini!

Masker stroberi dan alpukat

Stroberi dan alpukat tidak hanya kaya vitamin tetapi juga memiliki kemampuan untuk melembabkan, menenangkan, sangat cocok untuk mengatasi alergi kulit akibat kosmetik. Campuran ini juga diterapkan pada kondisi kulit yang disebabkan oleh kulit terbakar matahari, terkelupas karena cuaca dingin dan kulit kering.

Cara menggunakan :

  • Persiapan ¼ alpukat dan beberapa stroberi, lalu dihaluskan dan dicampur bersama.
  • Bersihkan wajah, oleskan campuran ke kulit, diamkan dalam waktu 15 menit.
  • Lap dengan handuk lembut dan air hangat dan bilas lembut dengan air.
  • Oleskan 3 kali seminggu untuk mengobati alergi kulit Anda.

Masker serbuk daun neem/oatmeal dan madu

Daripada mengoleskan masker beberapa kali seminggu, Anda dapat menggunakan bubuk daun neem atau oatmeal bersama dengan madu sebagai pembersih harian.

Oatmeal dan Neem Leaf Powder adalah bahan perawatan kulit yang aman dan tidak menyebabkan alergi. Karena itu, kombinasi kedua bahan ini ditambah dengan sedikit madu akan membantu membersihkan kulit, antibakteri, mencegah kondisi alergi menyebar dan menyembuhkan kulit yang terkena alergi dengan cepat.

Rumusnya cukup sederhana sebagai berikut:

  • Campurkan 1 sendok teh bubuk oatmeal / neem dengan 1 sendok teh madu dan tambahkan sedikit air untuk menciptakan tekstur yang halus.
  • Bilas wajah dengan air bersih, oleskan campuran ke wajah, pijat lembut sekitar 1-2 menit.
  • Diamkan selama 3 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

Masker putih telur ayam.

Telur mengandung vitamin dan protein yang membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit, selain itu putih telur juga bermanfaat menyembuhkan alergi kulit. Jerawat juga dapat dicegah dan dikontrol dengan menggunakan putih telur, selain itu putih telur juga bermanfaat menyeimbangkan minyak dan menghilangkan minyak berlebih pada kulit.

BACA JUGA:  3 Cara mengobati bibir pecah-pecah menggunakan madu secara efektif

Cara mengobati alergi kulit dengan putih telur sangat sederhana, nyaman dan murah, berikut ini caranya.

  • Kocok putih telur ayam sampai berbuih.
  • Celupkan sikat bersih pada putih telur dan oleskan ke kulit dan tunggu 3-5 menit agar putih telur mulai kering sedikit dan kemudian lanjutkan untuk menerapkan lapisan kedua.
  • Diamkan masker selama 15 menit, setelah itu bersihkan wajah Anda dengan air hangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here