Apa itu komedo dan apa saja penyebab komedo?

0
57
Apa itu komedo dan apa saja penyebab komedo
Apa itu komedo dan apa saja penyebab komedo

Komedo adalah jenis jerawat yang umum muncul di kulit. Jenis jerawat ini tidak menyebabkan pembengkakan, kemerahan atau rasa sakit, tetapi komedo dapat menyebabkan warna kulit tidak merata.

Maka dari itu, untuk benar-benar menghilangkan komedo di wajah Anda, pertama-tama Anda harus tahu apa itu komedo dan apa penyebabnya. Artikel berikut ini akan memberikan informasi yang berguna tentang komedo untuk referensi Anda.

 1. Apa itu komedo?

Komedo adalah jenis jerawat yang terjadi ketika terlalu banyak sebum disekresikan, dikombinasikan dengan bakteri di permukaan untuk menyumbat pori-pori, menumpuk dari waktu ke waktu untuk membentuk jerawat. Benjolan di permukaan kulit terkena udara maka menjadi hitam. Hal ini juga penyebab timbulnya komedo.

Karena itu, jenis jerawat ini berkembang dan terbentuk sangat kuat pada jenis kulit berminyak dan kombinasi. Komedo biasanya muncul di wajah terutama hidung, yang dapat menyebar ke daerah-daerah seperti leher, dada, bahu, punggung atau lengan.

Komedo tidak menyebabkan rasa sakit atau kemerahan dan peradangan. Namun, jika Anda tidak melakukan perawatan dan pengobatan maka jerawat jenis ini juga bisa menyebabkan jerawat, nanah dan peradangan. Selain itu, perawatan jerawat yang tidak tepat juga dapat menyebabkan pembesaran pori-pori, kulit wajah kasar dan kulit terlihat tidak cantik.

Komedo dapat ditemukan dan terjadi pada usia berapa pun. Namun, wanita lebih sering memiliki komedo daripada pria. Tapi komedo dapat dengan mudah dikontrol, diobati dan dicegah jika penyebab jerawat Anda ketahui. Lalu, apa penyebab komedo?

2. Penyebab Pembentukan komedo

Sama seperti jenis jerawat lainnya, komedo muncul ketika kulit terlalu banyak sebum dan lubang pori-pori kulit tersumbat. Penyebab lain termasuk perubahan hormon dalam tubuh karena stres, tahap kehamilan, pubertas, menopause, dll, yang menyebabkan peningkatan produksi minyak. Beberapa obat yang mengandung kortikosteroid, lithium, atau androgen juga menyebabkan kulit menuangkan lebih banyak minyak. Atau jika Anda tinggal di lingkungan yang kelembapannya terlalu tinggi, itu bisa menyebabkan keringat, sehingga membuat komedo muncul. Berikut ini adalah beberapa penyabab lain munculnya komedo :

  • Jarang mencuci muka
BACA JUGA:  Cream Coklat, Jawaban Untuk Dapatkan Wajah Halus Dan Berseri

Ini adalah penyebab dari semua jenis jerawat, bukan hanya komedo. Jerawat hanya bisa tumbuh dalam kondisi kulit dengan terlalu banyak penumpukan bakteri. Jarang membersihkan wajah akan menciptakan lingkungan yang ideal untuk jerawat tumbuh dan berkembang. Karena itu, untuk mencegah komedo muncul Anda perlu menjaga kebiasaan pembersihan wajah dengan pembersih yang cocok untuk setiap jenis kulit Anda, dua kali sehari.

Jika Anda menggunakan riasan atau makeup, jangan lupa untuk menggunakan makeup remover untuk membersihkan riasan dan makeup setelah tidak digunakan sampai bersih. Cara ini dapat membantu membersihkan kulit, membersihkan pori-pori, menghindari kotoran dan baketeri menyumbat pori-pori, serta mencegah jerawat dan komedo muncul dipermukaan kulit.

  • Lakukan eksfoliasi terlalu sering

Pengelupasan diperlukan untuk membersihkan kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih cepat regenerasi. Namun, jika Anda menyalahgunakan proses ini terlalu sering, akan memudahkan komedo muncul. Eksfoliasi yang berlebihan menyebabkan kulit menjadi kasar, membuat minyak alami pada kulit menjadi habis, menyebabkan kulit kering dan terpengaruh untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Minyak yang berlebihan akan menumpuk di pori-pori dan menyebabkan jerawat dan komedo. Oleh karena itu, Anda hanya boleh menggunakan metode pengelupasan kulit 1-2 kali/minggu saja!

  • Menyentuh dan Memencet Jerawat

Memencet jerawat adalah salah satu cara untuk menghilangkan jerawat dan membersihkan komedo secara menyeluruh. Namun, jika Anda menerapkan terlalu sering akan menyebabkan kerusakan kulit, pecah pembuluh darah kecil di kulit, menyebabkan jerawat membesar dan akumulasi kotoran. Sehingga, jerawat bisa bertambah banyak. Oleh karena itu, Anda tidak boleh terlalu sering menyentuh dan memencet jerawat dan Anda harus menunggu sampai jerawat matang  sebelum melakukannya.

  • Lupa membersihkan tabir surya
BACA JUGA:  Sejuta Manfaat Daun Mint untuk Kecantikan Kulit

Anda berpikir bahwa membersihkan kulit hanya ketika Anda telah selesai menggunakan makeup. Tapi, ketika selesai menggunakan tabir surya, hanya membersihkan dengan air bersih. Ini adalah pemikiran yang salah. By the way, tabir surya juga merupakan kosmetik, jika Anda tidak membersihkan tabir surya dengan baik, juga akan menyebabkan endapan pada kulit dan menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga menyebabkan komedo muncul.

  • Penggunaan kosmetik yang tidak tepat

Tidak hanya merusak kulit, penggunaan kosmetik yang kualitasnya tidak baik dan tidak cocok untuk kulit Anda, juga dapat menyebabkan komedo. Olehkarena itu, Anda harus membuang kosmetik palsu, kosmetik yang tidak diketahui asalnya, dan kosmetik yang tidak cocok untuk kulit Anda untuk mencegah munculnya komedo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here